2
Pernahkah blog kalian yang pageviews serta pengunjungnya yang sudah ribuan tiba-tiba dihapus oleh google ? Saya yakin beberapa dari blogger mungkin pernah mengalaminya ( saya juga termasuk pernah mengalaminya ). Ada beberapa hal yang menyebabkan blog tersebut dihapus oleh google, diantaranya mengandung konten pornografi, konten copas, konten bajakan, dll yang semuanya sudah saya jelaskan dipotingan ini. Kerugian yang didapat apabila blog kita dihapus cukup banyak, diantaranya kita harus memulai dari awal lagi termasuk mencari backlink, mencari teman blogger ( follower ), meningkatkan kembali ranking alexa, dsb. Tetapi yang paling menyesakkan apabila blog yang dihapus tersebut kita tidak backup sehingga semua postingan kita otomatis menghilang, jadi makin malas saja jika sudah kejadian seperti itu hehehe.
Tips dan trik mengembalikan blog yang sudah dihapus ini dibuat berdasarkan pengalaman saya sendiri, Disini saya membagi kedalam 2 versi yakni
A. Blog yang dihapus oleh Google
Apabila kamu memiliki blog dengan subdomain blogspot ( namablog.blogspot.com ) dan kemudian blog tersebut dihapus oleh google, blog tersebut bisa dikembalikan kembali dengan nama yang sama dan domain yang sama. Hanya saja, butuh waktu yang cukup lama hingga 1 atau 2 tahun atau lebih  untuk kembali mendapatkan nama blogspot kita kembali, itu pun apabila nama blog kita sebelumnya belum diambil oleh orang lain. Maksudnya begini, misalkan kamu memilki sebuah blog yang bernama abc.blogspot.com, kemudian blog tersebut dihapus oleh google, untuk mengembalikannya kita harus menunggu selama 1 atau 2 tahun atau lebih kemudian daftar kembali nama blog abc.blogspot.com tersebut di blogger.com, baru kemudian blog yang sudah dihapus tersebut bisa dikembalikan. Tidak percaya ? coba saja ! :D
Namun jika blog kamu sudah menggunakan domain TLD ( Top Level Domain ) seperti .com, .net, .org, dll . Dan kamu ingin mengembalikan kembali blog kamu, tentu saja bisa ! Karena Pada dasarnya Google tidak memblok domain kamu, google hanya menghapus akun blogger kamu bukan TLD kamu, jadi domain TLD kamu masih tetap bisa digunakan.
Lalu bagaimana cara mengembalikan blog dengan domain TLD ? disini ada 2 cara :
1. Apabila kamu masih tetap ingin menggunakan platform blogger, tentu kamu bisa mengembalikan blog kamu yang tadinya sudah menggunakan domain TLD, hanya saja kamu harus menunggu hingga 5 bulan untuk melakukan hal ini karena blogger tidak akan mengizinkan kamu mengalihkan domain blogspot ke domain TLD yang sudah dihapus dengan cepat, pasti nanti akan ada error "blog tersebut sudah terdaftar di google".
Jadi untuk mengembalikannya, setelah kamu menunggu 5 bulan atau lebih, kamu buat kembali akun blogger baru ( dengan alamat email baru tentunya ) kemudian kamu alihkan subdomain blogspot yang sudah kamu daftarkan tadi menjadi domain kamu yang dulu sempat terhapus, namun perlu diingat, pastikan domain TLD kamu masih aktif !
2. Cara yang kedua adalah cara yang paling cepat dan hanya memakan waktu 1-2 hari. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa Google tidak memblok domain TLD, artinya kamu bisa tetap menggunakan domain TLD kamu. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan platform selain blogger, kamu bisa menggunakan wordpress-self hosted, joomla, dan software publishing lainnya. Dengan menggunakan software wordpress atau dll tersebut, kamu dapat mengembalikan blog yang sudah dihapus oleh google dan kamu juga tetap bisa menggunakan domain kamu.

B. Blog yang Dihapus Sendiri
Seperti yang kita tahu, blogger menyediakan fitur untuk menghapus blog yang kita punya. Blog yang dihapus sendiri bisa kita kembalikan kembali apabila blog yang kita hapus belum lewat dari 90 Hari. Apabila blog yang kita hapus tersebut sudah lewat dari 90 Hari, maka sudah tidak mungkin atau mustahil untuk dikembalikan kembali walaupun kita menunggu hingga bertahun-tahun, blog yang sudah kita hapus tidak akan pernah bisa dikembalikan lagi. 
Contohnya adalah blog saya dengan domain itechnod.blogspot.com yang sejak tahun 2012 sudah saya hapus, dan ketika saya mendaftarkannya kembali, blogger menolak untuk menerima nama blog saya tersebut.

Kesimpulan
Saat blog kita dihapus secara sepihak memang mengesalkan sekali. Blog yang sudah terhapus masih mungkin diselamatkan apabila memenuhi salah satu syarat diatas. Dan apabila blog kamu tidak ingin mengalami penghapusan blog secara sepihak oleh google, ada baiknya kamu menghindari hal yang dilarang oleh google.
Blog yang sudah dihapus memang bisa dikembalikan, tapi rasanya bakalan beda karena passion kita akan berkurang apabila memulai sesuatu yang baru.Dan juga, selalu backup postingan kamu tiap bulan / minggu untuk berjaga-jaga saja hehe.
Jika ada pertanyaan, kritik atau saran terhadap tulisan saya ini, silakan tulis dikomentar ya !

Post a Comment

 
Top