0

 
Banyak manfaat timun untuk kesehatan.

SUPPORT LIFE - Mentimun, jenis sayuran yang satu ini sering sekali dikonsumsi selain karena rasanya yang memang banyak disukai, tapi juga karena harganya yang terjangkau dan mudah didapat. Tapi, tahukah Anda kalau timun yang terlihat biasa saja ini ternyata mengandung banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut alasan kenapa kita perlu mengkonsumsi timun setiap hari,
Sebagai pelindung otak. Timun mengandung zat anti inflamasi yang disebut fistein, yang sangat  berfungsi untuk kesehatan otak. Zat tersebut diketahui dapat  meningkatkan dan memperbaiki daya ingat sehingga dapat mengurangi risiko terkena penyakit alzheimer.
Zat antioksidan. Timun mengandung banyak zat antioksidan, termasuk vitamin C dan beta karoten. Zat antioksidan lain yang terkandung di sayuran ini antara lain quercetin yang dapat berfungsi sebagai pereda nyeri alami, dan kaempferol yang mampu mencegah tumbuhnya sel-sel kanker dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.
Mengurangi resiko kanker. Polyphenols yang terkandung di dalam timun yang dikenal dengan lignans diketahui dapat mengurangi resiko terkena berbagai jenis penyakit kanker, begitupula dengan phytonutrients dalam timun yang dikenal dengan cucurbitacins.
Baik untuk pencernaan dan menyegarkan nafas. Timun juga mengandung serat dan air, dua elemen penting yang dibutuhkan tubuh dalam proses pencernaan. Timun dapat membantu meningkatkan kadar pH dalam perut, selain itu kulit timun juga
mengandung serat yang sangat baik untuk sistem pencernaan dalam
tubuh. Jika anda memiliki masalah dengan bau mulut, timun juga dapat
membantu menghilangkannya.
Mengatur beran badan. Selain kaya akan vitamin B termasuk B1, B5, dan B7 yang dapat
mengurangi stres anda, timun juga dapat membantu anda mengatur berat badan. Hal ini disebabkan kerena timun sangat rendah kalori tapi sangat bernutrisi.
Ketika sayuran ini dicerna dalam tubuh, timun akan mengeluarkan semacam gel yang dapat memperlambat proses pencernaan sehingga dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Sehat bagi jantung. Timun mengandung potassium, sebuah zat elektrolit yang diketahui dapat menurunkan tekanan darah dan bila berinteraksi dengan sodium dapat membantu mengatur transmisi syaraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung.

Jadi, mulai saat ini mulailah mengkonsumsi timun setiap hari yang tternyata banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Sumber : @Viva.co.id

Post a Comment

 
Top